Senin, 25 Oktober 2010

Program Pascal

,

kartu1.pas

Posted on by wahcilik
{
Kartu 1

Nama Program : kartu1.PAS / C / CPP
Batas Run-time : 1 detik / test-case
Batas Memori : 16 MB
Nama Berkas Masukan : Standard input (keyboard)
Nama Berkas Keluaran: Standard output (layar)

Pak Dengklek baru saja membeli beberapa set kartu permainan ayam-bebek.
Satu set kartu permainan ayam-bebek terdiri atas 18 kartu bergambar,
dengan rincian sebagai berikut:

o 9 kartu bergambar 1 hingga 9 ekor ayam, dan
o 9 kartu bergambar 1 hingga 9 ekor bebek

Jika kartu dituliskan dengan notasi XY dengan X adalah banyaknya gambar ayam/bebek pada kartu
dan Y adalah jenis gambar pada kartu (A = ayam dan B = bebek), satu set kartu permainan ayam-bebek
terdiri atas kartu-kartu: 1A, 2A, 3A, 4A, 5A, 6A, 7A, 8A, 9A,
1B, 2B, 3B, 4B, 5B, 6B, 7B, 8B, dan 9B.

Salah satu permainan yang bisa dimainkan dengan kartu ayam-bebek ini adalah permainan perang unggas.
Dalam permainan ini, masing-masing pemain akan menerima 6 buah kartu yang telah diambil secara acak
dari 1 atau lebih set kartu permainan yang tersedia.
Setiap pemain kemudian akan mengeluarkan sebuah susunan kartu yang terdiri atas maksimal 3 kartu.
Tiap kombinasi susunan kartu akan mendapat nilai sesuai dengan kriteria berikut:

O Susunan 3 kartu:
o 3 kartu A = 20
o 2 kartu A, 1 kartu B = 25
o 1 kartu A, 2 kartu B = 50
o 3 kartu B = 100
O Susunan 2 kartu:
o 2 kartu A = 10
o 1 kartu A, 1 kartu B = 40
o 2 kartu B = 70
O Susunan 1 kartu:
o A = 2
o B = 5
O Banyaknya gambar pada kartu tidak diperhitungkan.

Pemenang dari permainan ini adalah pemain yang mengeluarkan susunan kartu dengan nilai tertinggi.
Karena tidak percaya akan kemampuan dirinya sendiri, Pak Dengklek meminta bantuan Anda untuk membuat
sebuah program yang akan menentukan berapa nilai yang akan didapatkan oleh PakDengklek apabila ia
mengeluarkan susunan kartu terbaik yang dimilikinya.
Program Anda akan menerima masukan berupa 6 buah kartu yang diterima oleh Pak Dengklek dalam permainan.
Keenam buah kartu tersebut dinyatakan dalam notasi XY dan masing-masing dipisahkan oleh sebuah spasi.

FORMAT MASUKAN
Enam pasang angka-huruf yang menyatakan kartu yang dimiliki Pak Dengklek, masing-masing dipisahkan oleh satu spasi.

FORMAT KELUARAN
Sebuah bilangan bulat yang menyatakan nilai susunan kartu terbaik yang dapat dikeluarkan oleh Pak Dengklek.

CONTOH MASUKAN
3B 2A 1B 7B 9A 7A
CONTOH KELUARAN
100

}
program kartu1;
uses crt;
type
larik = array [1..9] of integer;
var
kartu : string;
i,j,jA,jB,nt : integer;
nilai : larik;
BEGIN
write (‘Jenis 6 kartu : ‘);
readln(kartu);
j := length(kartu);
jA :=0;
jB :=0;
for i := 1 to j do
begin
if kartu[i]=’A’ then jA := jA + 1;
if kartu[i]=’B’ then jB := jB + 1;
end;
if jA >= 1 then nilai[1] := 2;
if jB >= 1 then nilai[2] := 5;
if jA >= 2 then nilai[3] := 10;
if jB >= 2 then nilai[4] := 70;
if (jA >= 1) and (jB >=1) then nilai[5] := 40;
if jA >= 3 then nilai[6] := 20;
if jB >= 3 then nilai[7] := 100;
if (jA >= 2) and (jB >=1) then nilai[8] := 25;
if (jA >= 1) and (jB >=2) then nilai[9] := 50;
nt :=0;
for i := 1 to 9 do
begin
if nilai[i] > nt then nt := nilai[i];
end;
write(nt);
END.


0 komentar to “Program Pascal”

Posting Komentar